"Selamat sejahtera semoga keselamatan dan keberkahan dilimpahkan kepada anda"

Selasa, 15 Mei 2012

INDARRINA




INDARRINA adalah suku pertama yang berdomisili di benua Amerika. Kulit mereka agak kemerahan dengan bahasa MANTURGA yaitu bahasa khas mereka. INDARRINA adalah yang sekarang dinamakan bangsa INDIAN, suatu bangsa yang dianiaya oleh keturunan ATLANTIS. Bangsa ini memiliki banyak budaya penyembahan-penyembahan dan ritual yang khas dan suka memberi nama pada anaknya berdasarkan benda atau kejadian yang terlihat spontan ketika anak itu lahir. Contohnya, macan belang taring besar, awan berarak berkeliling, satu teman lima musuh, dll
Macam-Macam Suku Indian
SUKU APACHE
Suku Apache adalah nama dari suku Indian yang berdiam di Benua Amerika. Mereka adalah suku yang kuat dan memiliki strategi perang yang handal. Selain itu, mereka adalah para Kesatria Penunggang kuda yang sangat tangguh. Bahkan mereka mengajari kuda-kudanya tentang melacak jejak musuh. Oleh karena itu, mereka sangat menghargai kuda kuda terlatih tersebut. Mereka juga merupakan orang orang yang ahli dalam melacak jejak serta memiliki penciuman dan pengrlihatan yang tajam. Suku ini bermusuhan dengan bangsa kulit putih ketika Orang Orang Barat / Westman merampok dan merusak tanah tanah mereka untuk mendapattkan emas. Dalam pertempuran melawan kulit putih mereka selalu menang. Kekalahan pertama terjadi pada tahun 1886.
Dahulu Suku Apache tinggal di barat daya Meksiko dan Arizona bagian tenggara. Baru-baru ini, mereka berpindah dari utara ke selatan Amerika. Suku ini terdiri dari beberapa kelompok utama, di antaranya adalah Mescalero, Mogollon, Coyotero, Arivaipa, Naisha, Tchishi, Faraone, Lanero, Gileno, Chiricahua, Mimbreno, dan Tchikun. Saat ini jumlah populasi suku ini yang tersisa hanya sebanyak 11.000 jiwa yang tersebar di Oklahoma, Arizona, dan New Meksiko.
SUKU SIOUX
Sioux adalah penduduk asli Amerika dan Bangsa Pertama orang-orang di Amerika Utara. Istilah ini dapat merujuk kepada satu kelompok etnis dalam Great Sioux Nation atau salah satu dari yang banyak bahasa dialek bangsa itu. Sioux terdiri atas tiga divisi utama berdasarkan Siouan dialek dan subkultur:
1. Isáŋyathi atau Isáŋathi (“Pisau,” berasal dari nama sebuah danau di sekarang Minnesota ) :berada di timur ekstrim dari Dakota , Minnesota dan utara Iowa , dan sering disebut sebagai Santee atau Timur Dakota.
2. Iháŋkt ȟ uŋwaŋ dan Iháŋkt uŋwaŋna ȟ (“Desa-di-the-end” dan “kecil desa-di-ujung”):berada di Sungai Minnesota daerah, mereka dianggap sebagai Sioux menengah, dan sering disebut sebagai Yankton dan Yanktonai, atau, secara kolektif, sebagai Wičhíyena ( endonym ) atau Dakota Barat (dan telah keliru diklasifikasikan sebagai ” Nakota ” ).
3. Thit ȟ uŋwaŋ atau Teton (tidak pasti, mungkin “penghuni di Prairie”; nama ini adalah kuno antara pribumi, yang lebih memilih untuk menyebut diri Lak ȟ Ota ) Sioux barat, yang dikenal untuk berburu dan budaya mereka prajurit, sering disebut sebagai yang Lakota .
Saat ini, Sioux mempertahankan terpisah pemerintah banyak suku yang tersebar di beberapa pemesanan, masyarakat, dan cadangan di Dakota, Nebraska , Minnesota, dan Montana di Amerika Serikat, dan Manitoba dan selatan Saskatchewan di Kanada .
SUKU CREEK
Bangsa Creek adalah suku-bangsa yang dominan yang terdapat di daerah bagian “tengah-ke-selatan” yang selanjutnya dikenal sebagai Peradaban Lima Bangsa. Mereka dikenal dalam bahasa mereka sebagai Muskoke atau Muskoge, akan tetapi oleh suku-bangsa Shawnee mereka dipangil Humaskogi, oleh suku-bangsa Delaware mereka dipanggil Masquachki dan oleh bangsa Inggris mereka dipanggil Ochese Creek Indians sampai sekarang ini. Nama mereka diadaptasi dari grup bahasa mereka sendiri dan bagi suku-bangsa Muskogee, Oklahoma merupakan kota utama di tanah Indian.
SUKU CHEROKEE
Bangsa Cherokee merupakan suku-bangsa terbesar di daerah bagian tenggara dan merupakan yang paling dahulu beradaptasi pada peradaban Eropa. Nama mereka disebut sebagai Tsalagi di dalam bahasa mereka. Oleh bangsa Choctaw mereka dipanggil Chalakki dimana bahasa Chalakki ini merupakan bahasa yang digunakan dalam perdagangan di daerah bagian tenggara.
SUKU NAVAJO
Bangsa Navajo merupakansuku bangsa terbesar di Amerika Serikat dengan jumlah populasi sebanyak 200,000 orang yang mendiami daerah terbesar yang diperuntukkan bagi Native Americans seluas 17 juta hektar di negara bagian Arizona, Utah dan New Mexico. Kata Navajo diambil dari bahasa Spanyol yang berarti “orang dengan lapangan yang besar”. Pada masa kedatangan bangsa kulit putih, mereka telah mengembangkan pertanian walau masih dalam skala yang kecil dibandingkan dengan suku-bangsa Hopi dan suku-bangsa Pueblo.
SUKU ZUNI
Bangsa Zuni seperti halnya dengan bangsa Hopi, berbeda dengan bangsa Pueblo tapi ada ikatan dalam kultur mereka. Ketiga grup yaitu Zuni, Hopi dan Pueblo memiliki karakteristik yang sama. Pertama mereka bertempat tinggal di pueblos (dalam bahasa Spanyol berarti desa) dimana sering kali letak rumah mereka bersebelahan dan kadang kala bertingkat seperti halnya kompleks apartemen yang modern. Bangsa Pueblo berdiam di satu desa sedangkan bangsa Hopi dan Zuni mendiami beberapa desa tapi tidak semua anggotanya tinggal di desa.
SUKU HOPI
Bangsa Hopi. Nama mereka berasal dari hopitu yang berarti “orang damai”. Mereka berasosiasi dalam tradisi dan budaya dengan bangsa Zuni dan bangsa Pueblo. Mereka semuanya bertempat tinggal di desa atau kota dalam gedung bertingkat. Nama pueblo diambil dari bahasa Spanyol yang berarti juga “orang”. Bangsa Hopi adalah keturunan dari bangsayang bermigrasi ke barat daya pada 1000 tahun sebelum Masehi. Pada tahun 700 mereka telah mengembangkan pertanian dengan menanam jagung, kacang, labu, ketela dan kapas. Pada tahun 1100 mereka meninggalkan rumah gubuk mereka untuk berpindah ke rumah bertingkat dan membangun kota di Oraibi dan Mesa Verde.
SUKU YAVAPI
Sejak dari jaman prasejarah, bangsa Yavapai hidup sebagai pemburu dan hanya sesekali mengerjakan pertanian di lebih dari sembilan juta hektar tanah di bagian tengah dan barat dari Negara bagian Arizona. Ketiga grup utama dari bangsa Yavapai mengadakan hubungan yang sangat baik diantara mereka dan sekarang ini umumnya mereka berlokasi di Ft. McDowell, Camp Verde dan Prescott. Bangsa Yavapai terkenal dengan kepandaian mereka dalam membuat keranjang dimana hasil kerajinan ini dapat di lihat di banyak museum.
SUKU KIOWA
Nama Kiowa diambil dari kata kai-gwa yang berarti “orang utama” dan lagenda mengatakan bahwa mereka berasal dari pinggiran Yellowstone River di bagian tengah negara bagian Montana. Pada abad ke-18 setelah mereka memiliki kuda, mereka berpindah ke daerah dataran untuk berburu banteng. Ketika itu mereka membuat persekutuan dengan bangsa Kiowa-Apache begitu juga dengan musuh mereka yang lalu, Comanche yang merupakan basis dari pada Kiowa-Comanche Reservation yang dibentuk dalam daerah Indian pada tahun 1892. Kiowa dikenal suka menulis dan menyimpan sejarah mereka. Arsip sejarah disimpan dalam bentuk calendar foto di kulit banteng dan di-update setahun dua kali – pada musim dingin dan musim panas.
SUKU PAWNEE
Nama Pawnee berasal dari Caddoan pariki yang berarti “tanduk” yang umumnya dipakai di atas kepala. Pawnee hidup di desa-desa seperti halnya suku-bangsa Mandan. Mereka mengerjakan pertanian tapi juga berburu banteng. Agama mereka sangat kompleks yang terkait dengan daerah lainnya termasuk mengadakan upacara pengorbanan wanita guna mengharapkan panen yang melimpah
SUKU IROQUOIS
Iroquois (diucapkan / ɪrəkwɔɪ / ), juga dikenal sebagai Haudenosaunee atau “Orang-orang dari rumah panjang “, adalah sebuah asosiasi dari beberapa suku penduduk asli Amerika Utara. Setelah berbahasa masyarakat Iroquoian bersatu sebagai suku yang berbeda, berdasarkan kebanyakan di zaman sekarang bagian utara negarabagian New York tengah dan, pada abad ke-16 atau sebelumnya mereka datang bersama dalam sebuah asosiasi yang sekarang dikenal sebagai Liga Iroquois, atau “Liga Perdamaian dan Power “. The Iroquois asli Liga sering dikenal sebagai Lima Bangsa, seperti yang terdiri dari Mohawk , Oneida , Onondaga , Cayuga dan bangsa-bangsa Seneca . Setelah Tuscarora bangsa bergabung dengan Liga pada tahun 1722, yang Iroquois dikenal sebagai Enam Negara. Liga diwujudkan dalam Dewan Grand, majelis keturunan lima puluh sachems .
Ketika Eropa pertama tiba di Amerika Utara, Iroquois didasarkan pada apa yang sekarang timur laut Amerika Serikat , terutama dalam apa yang disebut hari ini sebagai bagian utara New York sebelah barat Sungai Hudson dan melalui Danau Finger daerah. Hari ini, Iroquois hidup terutama di New York, Quebec dan Ontario 
Sejarah Permusuhan Dengan Kulit Putih
Sejak kedatangan Colombus, orang-orang kulit putih berdatangan ke Amerika untuk kemudian tinggal dan menetap di sana. Kedatangan orang-orang kulit putih ini awalnya disambut baik oleh suku Indian. Mereka mengadakan penghormatan khusus secara sakral atas kedatangan kaum kulit putih tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, orang-orang kulit putih mulai merampas tanah-tanah milik orang Indian. Mereka diperlakukan tidak adil dan kejam, tak jarang terjadi pertumpahan darah.
Suku Indian dipaksa menyingkir dari tanah kelahirannya, mereka sering dikejar dan diusir dari wilayah teritorialnya. Tidak sedikit tanah suku Indian yang dibeli tanpa dibayar. Terkadang tanah tersebut dibarter dengan barang-barang yang tak berharga yang sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi sebagai imbalan. Dan pada akhirnya suku Indian terpaksa mengungsi ke pelosok-pelosok hutan belantara, untuk menghindari tindakan kejam dari orang-orang kulit putih itu.
Berlatar belakang persitiwa tersebutlah, hingga saat ini suku apache terus mengibarkan bendera permusuhan dengan orang kulit putih. Karena rasa kecewa yang mendalam mereka membunuh setiap orang kulit putih yang ditemui.
Tak dapat dielakkan, terjadilah pembantaian masal yang dilakukan oleh orang kulit putih terhadap orang-orang suku Indian. Tentu saja suku-suku ini pada akhirnya mengalami kekalahan, karena yang mereka hadapi adalah orang-orang dengan peradaban yang maju, yang memiliki persenjataan lengkap seperti pistol dan senapan. Sehingga populasi suku inidan dan suku apache khususnya semakin berkurang, dan kebanyakan dari mereka tinggal di pedalaman.
Suku Apache adalah nama dari suku Indian yang berdiam di Benua Amerika. Mereka adalah suku yang kuat dan memiliki strategi perang yang handal. Suku ini bermusuhan dengan bangsa kulit putih. Dalam pertempuran melawan kulit putih mereka selalu menang. Kekalahan pertama terjadi pada tahun 1886.
Dahulu Suku Apache tinggal di barat daya Meksiko dan Arizona bagian tenggara. Baru-baru ini, mereka berpindah dari utara ke selatan Amerika. Suku ini terdiri dari beberapa kelompok utama, di antaranya adalah Mescalero, Mogollon, Coyotero, Arivaipa, Naisha, Tchishi, Faraone, Lanero, Gileno, Chiricahua, Mimbreno, dan Tchikun. Saat ini jumlah populasi suku ini yang tersisa hanya sebanyak 11.000 jiwa yang tersebar di Oklahoma, Arizona, dan New Meksiko.
GERONIMO
Salah satu tokoh pahlawan dari bangsa INDARRINA yang terkenal adalah Panglima Perang Apache Geronimo, yang lama berperang melawan pengambilan tanah milik suku Apache oleh para pemukim keturunan Eropa. Meluncurkan serangan di Barat Daya dan menghindari pasukan AS dan Meksiko selama hampir tiga dekade sampai penangkapannya tahun 1886. setelah kematiannya di pengasingan AS pada tahun 1909.

Article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa komentar dan pendapat anda? Adakah saran untuk admin?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Comment Facebook

Get This Gadget

Popular Posts

Ready 3 Data AON

Followers

hainfobadge1a