"Selamat sejahtera semoga keselamatan dan keberkahan dilimpahkan kepada anda"

Minggu, 08 April 2012

RIZEKI........APAKAH REZEKI ITU?

Kita senatiasa berdo'a agar senatiasa meminta ditambah rizqi yang banyak!!

Dan konotasi rejeki yang diminta manusia adalah tentang harta!!

Apakah rejeki itu sebenarnya?
Apakah Harta itu rejeki?
Kata rejeki selalu di hubungkan dengan kata Barakah, Rejeki Barakah.
Apakah Rejeki?
Apakah Barakah?
Apakah rejeki yang Barakah itu?



REZEKI

Secara bahasa berasal dari kata razaqa artinya a’thâ (memberi) dan ar-rizqu artinya al-‘atha’ (pemberian), al-hazhzhu (bagian/porsi).



Jadi Rizki itu semua pemberian yang Allah berikan

Baik enak atau tidak enak 
Harta adalah rejeki.
hidup dan mati kita adalah rejeki.
musibah ataupun kesenagan adalah rejeki.
keselulitan adalah rejeki.
Alam semesta beserta isinya adalah rejeki.
semua potensi diri kita adalah rejeki.
Iman adalah rejeki.
Tubuh, tangan dan kaki kita adalah rejeki.
pikiran kita adalah rejeki
Otak kita adalah rejeki.
Energi adalah rejeki.
Ya rejeki Allah tidak akan sanggup kita tulis
Allah senantiasa meberi kita rejeki
diminta ataupun tidak diminta
Layakkah diri kita masih meminta dan memohon2 sambil menangis untuk ditambahi rejeki.
karena setiap orang pemberian itu ada porsinya masing-masing.
tidak atas semua orang dan mahluknya.
Allah memberi apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan



"Katakanlah “Sungguh, Tuhan ku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hambaNya.”(QS:Saba’ayat 39)



Artinya : Dan tidak satu pun makhluk bererak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamanya dan tempat penyimpanan. Semua tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuh).(QS:Hud ayat 6) 



BERKAH



kata berkat atau itu asal kata (Baraka, Yarbuk, Burukan) artinya menderum atau berlututnya unta. Kata Allah memberi berkah kepadamu dalam bahasa Arab disebut Barakallahu laka (alaina, fika). Rupanya kata baroka ini memiliki makna ganda, karena kata tabaroka ini memiliki makna lain yaitu Allah Maha Suci, baraka artinya mengambil berkat, barokatun artinya berkat, untung, bahagia, birkatun atau birokun maknanya kolam atau telaga dan terakhir barokun artinya bisa yang diberi berkat. artinya Allah memberikan sesuatu pada mahluknya berlepas dari kepentingan Dia sendiri, tapi demi kepentingan Hamba-hambanya.



Kata Al Barr salah satu nama Tuhan (Asmaul Husna) artinya yang dermawan. Dia memberikan aneka anugerah untuk kemalahatan mahluknya, yang tidak jarang dihadapi oleh mahluk-Nya dengan kedurhakaan akan tetapi kendati demikian Dia tetap melimpahkannya. Kata Al Barr terdapat dalam QS At Tur [52]:28. Meneladani sifat Allah ini bermaksud baik yaitu memberikan kasih terhadap mereka meskipun telah disakiti. artinya mau di apakan pemberian Allah ini, apakah untuk kebaikan atau kejahatan, terganutng kita menyikapinya, dan masing2 sikap dan pilihan ada konsekuensinya.



Bisa juga, barokah berasal dari kata Al Bari, salah satu sifat Allah yang ada dalam Asmaul Husna (nama indah Allah) juga yang maknanya "Yang Melepaskan", maksudnya Allah menciptakan dari ketiadaan. Untuk meneladani sifat ini, seseorang dituntut untuk menciptakan hal-hal baru yang bermanfaat demi kesejahteraannya baik lahir maupun bathin. nah sesuautu yang kita dapat harus dilepaskan karena pada dasarnya pemberian itu bukan milik kita tapi milik Allah.



"Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi persahabatan yang akrab dan tidak ada lagi syafaat. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang lalim"(QS:Al_baqarah:254)

Article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa komentar dan pendapat anda? Adakah saran untuk admin?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Comment Facebook

Get This Gadget

Popular Posts

Ready 3 Data AON

Followers